TENTANG KAMI



Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Gandewa (LBHGandewa) – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Gandewa didirikan pada 28 Oktober 2021 oleh Persatuan Advokat Indonesia (PERADIN) dengan fokus pengabdian untuk memberikan bantuan hukum pada kasus-kasus yang terkait dengan masyarakat miskin.

Pengertian Bantuan Hukum Struktural adalah bantuan hukum yang diberikan  kepada  si  miskin dan lemah melalui upaya perubahan suatu struktur sosial, politik, ekonomi dan budaya yang timpang menuju ke arah suatu struktur yang memberikan peluang bagi  pengembangan  sumber  daya  hukum si miskin dan lemah. Jadi bukan merupakan aksi kultural semata tapi merupakan aksi struktural yang diharapkan dapat mengubah tatanan masyarakat yang lebih adil dan berkelanjutan.

LBH Gandewa fokus pada pembelaan hak-hak ekonomi, sosial, budaya, sipil, dan politik dalam kasus tertentu yang bersifat publik dan struktural seperti pembelaan kaum buruh, petani, nelayan, kaum miskin kota, dan para aktivis pejuang Hak Asasi Manusia (HAM) yang menjadi korban represifitas negara dan pemodal. LBH Gandewa ikut terlibat dalam pembelaan terhadap kasus- kasus tersebut, di antaranya adalah pembunuhan aktivis buruh perempuan Marsinah, pembunuhan massal akibat pembangunan Waduk Nipa di Sampang, kasus subversif terhadap aktivis – aktivis Partai Rakyat Demokratik (PRD), kasus penembakan petani oleh Militer, dan ratusan kasus hukum lainnya. Sejak tahun 2012, LBH Gandewa kini memfokuskan kegiatan advokasinya lebih kepada aksi- aksi legal reform, access to justice, dan democracy accesment yang memiliki cakupan wilayah kerja di seluruh Provinsi Jawa Timur.


MUSIK INDIE

GENDEWA RADIO

Current track
TITLE
ARTIST

Background